Wednesday, October 21, 2020

Tips Mengatasi Laptop Dan Komputer dari Blue Screen of Death

 Masalah Kompi atau laptop mati mendadak dengan layar led berwarna biru akan menyebabkan kepanikan tersendiri apabila belum mengetahui jauh tentang kompi. Layar biru atau Blue Screen of Death (BSOD) disebabkan oleh berbagai sebab, karena harus mencari akar hardware yang ada di dalam kompi.


Untuk memperbaiki Blue Screen of Death pada Windows, Kita perlu mendiagnosa masalah dengan mengecek hardware seperti memori ram, hardisk, prosecor, vga, souncard dan harware lainnya. Akan ada juga hal tersebut karena virus, kita perlu menjalankan anti virus yang bisa menanggulangi hal tersebut, melakukan instalasi perbaikan ulang, membersihkan ruang hard disk dari sampah sampah, perbaikan perangkat hardware yang rusak dan lain lain.


Blue Screen of Death
Penyebab paling umum Blue Screen of Death (BSOD) adalah sebuah perubahan pengaturan komputer atau hardware didalamnya.

1. Cek dulu driver, apakah ada kesalahan saat menginstal atau kesalahan saat mengupdate driver baru, walaupun sepele akan tetapi efek yang ditimbulkan juga mempengaruhi kinerja sistem, disaat driver tersebut mendapat perintah dari sofawre apabila tidak merespon maka yang terjadi kompi mati mendadak layar berwarna biru.

2. Cek Hardware Internal maupun eksternal. Solusi lain adalah mengecek satu persatu hardware yang ada didalam kompi, dengan begitu nanti akan ketemu masalah dari Blue Screen of Death (BSOD). Langkah ini memerlukan ketelitian dan kesabaran, karena langkah ini yang biasanya sering dilakukan agar bisa menemukan masalah Blue Screen of Death (BSOD). adapun untuk eksternal silahkan sebagai berikut :

  1. RAM , copot Ram dari socketnya, bersihkan dengan alkohol dan dikuas hingga bersih dan kering. Mungkin saja debu debu menjadikan arus pendek semu Ram dan socket di mainboard.
  2. Hardisk, jalankan fungsi "chkdsk" untuk memindai kesalahan dan memperbaiki masalah. Kegagalan hardisk dapat menyebabkan layar biru karena file rusak.
Biasanya dengan langkah diatas Blue Screen of Death dapat teratasi, apabila ada harware yang kita curigai sudah hampir wafat maka bisa tidak bisa ahrus segera di carikan ganti ke UGD terdekat he he he, semoga berguna.


Previous Post
Next Post

0 komentar: