Saturday, October 10, 2020

Tips Cara Mengatasi Layar HP Blank Hitam atau Putih

  


Pernah gak sih kalian mengalami layar HP blank hitam atau putih? Kondisi ini ditandai dengan layar HP yang tidak mengeluarkan gambar apapun. Namun kondisi ini tidak selalu diakibatkan oleh kerusakan mesin perangkat pada suatu HP. Contohnya blank screen, dimana kondisi ini layar HP blank tapi hidup.

Biasanya blank tersebut bisa hilang setelah didiamkan beberapa saat, jika masih dalam keadaan normal. Tapi kalau sudah parah, blank tersebut bisa terjadi secara terus menerus dan membuat jengkel pastinya.

Banyak faktor yang menjadi penyebab layar HP menjadi blank, seperti terlalu banyak aplikasi yang menyebabkan sistem error dan kerusakan layar HP akibat terjatuh. Ada baiknya kalian cari tahu terlebih dahulu penyebab layar HP kalian menjadi blank, apakah dari faktor internal ataupun eksternal. Hal ini dilakukan untuk mengetahui keadaan HP kalian.

Ciri – Ciri Layar HP Blank Tapi Mesin HP Hidup

Untuk mengetahui penyebab layar HP kalian menjadi blank dari kerusakan mesin HP atau hanya kerusakan layar HP, bisa kalian ketahui dengan mudah. Kalian bisa lakukan panggilan telpon atau SMS melalui HP lain.

Jika HP kalian merespon dengan mengeluarkan bunyi, itu tandanya HP kalian kemungkinan dalam keadaan baik dan hanya layarnya saja yang bermasalah. 

Penyebab Layar HP Blank Putih atau Hitam

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab layar HP menjadi blank. Berikut beberapa penyebabnya yang perlu kalian ketahui :

1. HP Panas Karena Bermain Game Tanpa Henti 

Penggunaan HP yang terlalu berlebihan apalagi menjalankan aplikasi yang berat seperti game, bisa membuat suhu pada HP menjadi panas atau overheat. Dengan panas ini bisa berdampak pada komponen HP lainnya dan menyebabkan hang atau blank pada layar. 

2. Menggunakan HP Saat Sedang Dicas

Perlu kalian ketahui ketika sedang melakukan pengisian ulang baterai, maka ada peningkatan suhu yang terjadi pada HP kalian. Jika kalian mnggunakan HP ketika sedang diisi ulang dengan aplikasi berat, ada kemungkinan HP kalian menjadi blank. 

3. Tidak Sesuainya Sistem Operasi

Dengan mengupdate sistem operasi yang tidak kompatibel dengan HP yang kalian, dapat  mengakibatkan layar HP kalian menjadi blank. Lebih parahnya lagi, banyak kasus HP manjadi mati total karena tidak sesuainya sistem operasi.

4. Memori Internal Sudah Penuh

Memori internal yang penuh akan mengakibatkan HP kalian tidak bisa menginstal aplikasi lagi. Pada saat memori internal penuh biasanya ada notifikasi atau peringatan. Jika kita mengabaikan hal itu dan tetap menginstal aplikasi baru, ada kemungkinan HP kalian bisa blank.

5.Menggunakan Banyak Aplikasi Bersamaan

Pemakaian aplikasi yang banyak dalam waktu bersamaan bisa membuat RAM menjadi keberatan. RAM akan dipaksa bekerja melebihi kapasitasnya dan bisa membuat HP kita menjadi blank.

6. Baterai Sudah Rusak

Layar HP yang tidak muncul gambar dan hanya muncul hitam gelap saja, bisa diakibatkan dari baterai HP yang sudah rusak atau ngedrop.

7. Part/Komponen Sudah Rusak

Layar LCD yang rusak juga bisa menjadi penyebab layar menjadi blank. Biasanya setelah HP terjatuh dan membuat retak layarnya. Selain itu HP (bukan anti air) yang terkena air bisa membuat komponen pada HP menjadi rusak. 

Cara Mengatasi Layar HP Blank Hitam atau Putih

Cara yang akan Infozone bahas kali ini bisa kalian gunakan di semua jenis HP seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, dan lain sebagainya. Beberapa cara sudah saya coba sendiri dan berhasil. Berikut beberapa cara memperbaiki layar HP blank.

Layar HP Blank Hitam Tapi Mesinnya Hidup

1. Lepas Casing Pelindung HP

Bentuk dan ukuran casing yang tidak sesuai dengan HP bisa mengakibatkan layar blank. Kenapa bisa begitu? Karena bisa jadi sensor proximity tertutup oleh casing yang ada pada HP kalian. Salah satu tujuan dari adanya sensor proximity yaitu untuk membuat layar HP menjadi mati saat menelpon, hal ini bertujuan agar penggunaan baterai bisa lebih hemat. 

Jika casing menutupi sensor proximity, HP kalian akan menganggap kalian sedang menelpon sehingga layarnya akan mati. Oleh karena itu belilah casing HP yang sesuai dengan bentuk HP kalian. Karena tak jarang juga orang membeli casing HP yang mirip dengan bentuk HPnya. Namun, pada kenyataannya malah membuat casing menutupi sesnor proximity dan layar menjadi mati.

2. Nyalakan Ulang/Restart HP

Pada saat HP kalian dinyalakan lalu tiba-tiba ngeblank, itu biasanya terjadi karena sistem operasinya tidak bekerja secara sempurna. Salah satu contoh yaitu ketika kalian hendak menyalakan HP, namun logo awalan HP kalian ketika dinyalakan tidak kunjung muncul, padahal suara HP ketika sedang booting sudah terdengar.

Mematikan ulang atau merestart HP cukup efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan cara dibawah ini, secara tidak langsung akan merefresh sistem HP kalian. Berikut langkahnya:

Matikan ulang HP kalian dengan menekan tombol power.

Kemudian lepas baterai, kartu memori, dan kartu SIM.

Diamkan beberapa menit (sekitar 1-2 menit) kemudian kalian pasang kembali semua yang telah dilepas.

Nyalakan kembali HP kalian.

3. Menghapus Cache pada HP

Cache HP yang tidak pernah dibersihkan akan berdampak pada semakin banyaknya data yang akan kita simpan. Lalu apasih cache itu? Cache adalah data sementara yang ada pada memori internal HP untuk membantu mempercepat proses transfer data.

Jika memori pada HP kalian besar sih tidak masalah, tapi kalo udah sedikit, aplikasinya banyak, tamatlah sudah HP kalian. Saran dari Infozone untuk menghapus cache minimal seminggu sekali. Lalu bagaimana cara untuk menghapus cache? Begini caranya:

Masuk ke pengaturan pada HP kalian.

Pilih menu aplikasi.

Pilih aplikasi yang kira-kira banyak mengeluarkan cache seperti chrome, instagram, dan lain sebagainya.

Kemudian kalian pilih bersihkan cache.


Cara ini bisa kamu lakukan ketika layar HP kalian dalam kondisi layar tidak blank. Lalu jika layar HP blank bagaimana? Kalian bisa ikuti langkah berikut:


Kalian tekan tombol power + volume up atau down.

Tunggu sebentar hingga masuk ke recovery.

Kemudian cari menu wipe, lalu pilih wipe cache partition.

Biarkan beberapa saat hingga partisi cache sistem selesai terhapus.

Kemudian pilih reboot untuk kembali ke perangkat normal.


4. Reset ke Pengaturan Pabrik

Jika cara-cara sebelumnya tidak berdampak apapun, bisa jadi HP kalian sudah penuh dengan virus yang mungkin didapat dari aplikasi yang sudah kalian unduh. Oleh karena itu reset ke pengaturan pabrik bisa menjadi solusinya. Dengan reset ke pengaturan pabrik, HP kalian akan kembali ke setelan awal seperti kondisi pertama kali kalian membeli HP tersebut.


Untuk mereset ke pengaturan pabrik ketika layar blank, kalian bisa lakukan lewat mode recovery, berikut langkahnya:


Masuk ke mode recovery yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Pilih factory reset / wipe data.

Lalu pilih yes – delete all user data.


Layar HP Blank Hitam tapi Mesin Tidak Menyala

1. Ganti Baterai HP Kalian

Ketika kalian menghidupkan HP, bisanya akan muncul logo android. Namun ketika layar mendadak mati lagi setelah dinyalakan, kemungkinan masalahnya ada pada baterai HP kalian. Itu bisa terjadi karena tegangan baterai pada HP kalian sudah drop.


Untuk mengatasinya, kalian cukup hanya membali baterai yang baru. Pastikan baterai baru yang kalian beli haruslah original, jangan beli yang palsu.

2. Layar HP Blank Setelah Terjatuh Kedalam Air

Setelah HP kalian masuk ke dalam air, lalu muncul garis-garis dan tiba-tiba layar menjadi gelap, kalian bisa lakukan cara berikut ini:


Keringkan dulu HP kalain dan lepaskan baterai, kartu SIM dan kartu memori.

Masukan ke dalam beras dan biarkan selama 2 hingga 3 hari.

Kemudian coba hidupkan kembali HP kalian dan lihat kondisinya.


Jika belum berhasil juga, kalian bisa coba bersihkan konektor layar yang ada di bawah ini.

3. Membersihkan Konektor Layar

Sebelum kalian memutuskan untuk mengganti layar, ada baiknya kalian cek konektor LCD HP kalian terlebih dahulu, berikut langkah-langkahnya:


Lepas casing dan baterai HP kalian.

Lepas socket layarnya, biasanya berada di bagian samping HP kalian.

Bersihkan bagian ujung kabel konektor dengan menggunakan penghapus.

Pasang kembali semuanya seperti semula.


4. Bawa ke Tempat Service HP

Jika semua cara sudah kalian lakukan namun tidak berdampak apapun, maka bawalah ke tempat service. Ada kemungkinan penyebab layar HP kalian menjadi blank, karena kerusakan pada chipset, touchscreen, kapasitor, dan lain sebagainya.

Pastikan untuk membawa ke service center resmi HP kalian. Karena isinya lengkap untuk kebutuhan HP kalian. Walaupun harganya relatif mahal, namun sebanding dengan kualitas yang akan didapat. Tapi, kalian juga boleh kok ke tempat service biasa. Namun pastikan tempatnya terpercaya, misalnya dari rekomendasi teman atau tempat langganan kalian.

Cara Mengatasi Layar HP Blank Hitam Baterai Tanam

Jika terjadi lag atau hang pada HP yang menggunakan baterai tanam, tentu kita akan kesulitan untuk melakukan restart, apabila ketika menekan tombol power HP dan tidak mau mati. Cara yang akan kita bahas yaitu merestart HP secara paksa dengan menggunakan HP Xiaomi, berikut langkahnya:


Tekan tombol volume down dan volume up secara bersamaan dalam beberapa menit.

Jika berhasil, secara otomatis HP kalian akan melakukan restart.

Jika gagal, kalian bisa mencari tombol kecil berwarna merah lalu tekan tombol itu.

Diamkan beberapa saat, kemudian nayalakan kembali.


Tombol merah ini biasanya berada di dekat slot SIM. Tombol merah tersebut berfungsi untuk memutus arus baterai yang masuk ke HP.

Penutup

Itulah beberapa tips dari kami tentang cara mengatasi layar HP blank putih dan hitam. Saran dari metamorgana yaitu, pastikan untuk menggunakan HP secara hati-hati, gunakan anti gores yang bagus, dan jangan sampai HP kepanasan yang tidak wajar dan semoga artikel ini bermanfaat ya!

Previous Post
Next Post

0 komentar: