Wednesday, December 12, 2018

Instal Ulang Jangan Lupa Seting BIOS Laptop

Dulu disaat ingin instal ulang windows harus menggunakan CD dan DVD, perkembangan selanjutnya memakai software Ghost. Seiring perkembangan media storage, ada software sebagai bootable windows saat ingin instal ulang, silahkan baca :
Kendala saat instal ulang menggunakan CD dan DVD tidak berjalan dengan lancar, disebabkan DVD sudah tergores ataupun pecah. Hal ini sobat tidak bisa apa-apa, harus meminjam milik temen atau membeli DVD windows.

Sebelum menginstal windows, terlebih dahulu sobat harus men-setting atau mengatur BIOS. Mengatur BIOS untuk boot pertama selain hardisk, jika tidak sobat atur pasti instal ulang tidak bisa sobat lakukan.

Cara mengatur BIOS laptop sebenarnya sangat mudah sekali, walaupun setiap brand laptop ada yang berbeda, tapi tuuannya masa yaitu untuk booting pertama sistem operasi windows.

FLASHDISK HARUS TERHUBUNG DENGAN LAPTOP
Flasdisk harus tertancancap di port USB laptop sobat, pastikan OS windows sudah sobat buat didalamnya, keterangan ada di Cara Instal OS Laptop dan Kompi Menggunakan Flashdisk.


SETTING BIOS
Hidupkan laptop sobat, jika masih dalam kondisi on restrat terlebih dahulu agar bisa masuk ke Menu BIOS. Sudah saya jelaskan dari awal setiap brand laptop ada yang berbeda, tapi tuuannya masa yaitu untuk booting pertama sistem operasi windows.
  • Tekan DELETE untuk masuk ke BIOS, atau
  • Tekan F2 [Press for System Utilities]
  • Sudah berada di BIOS, langsung rubah dari booting hardisk ke flashdisk sobat
Ada beberapa laptop secara otmatis akan booting ke DVD atau flasdiks jika kedua media tersebut sudah ada file instalasi Windows. Ada juga beberapa brand laptop yang harus dirubah booting pertama agar bisa untuk menginstal windows menggunakan DVD dan Flashdisk.
Previous Post
Next Post

0 komentar: