Saturday, July 21, 2018

7 Tips Whatsapp yang Berguna yang Jarang Kalian Gunakan

Whatsapp merupakan sebuah aplikasi messenger yang paling populer saat ini. Whatsapp juga menawarkan fitur lebih dari sekedar kemampuan untuk mengirim pesan teks ataupun pesan suara saja. Namun pesan-pesan yang dikirim melalui whatsapp akan lebih menarik berkat adanya fitur yang terdapat pada aplikasi whatsapp tersebut.

Dengan adanya beberapa pembaharuan fitur yang ada pada akhir-akhir ini, tentu merupakan langkah yang dilakukan whatsapp untuk menyempurnakan atau menambah fitur-fitur yang tersedia yang tentunya hal itu agar para pengguna whatsapp dapat semakin nyaman dalam menggunakan aplikasi whatsapp tersebut.

Dan terkadang ada beberapa fitur yang ada pada aplikasi whatsappini yang memang tidak terlalu mencolok. Sehingga kalian harus menggunakan sebuah cara untuk dapat menggunakan fitur whatsapp tersebut. Dan berikut ini adalah beberapa fitur whatsapp yang begitu bermanfaat yang mungkin tidak kalian sadari.

Baca juga :

1. Merekam pesan audio tanpa menekan panjang tombol audionya

cara membuat pesan suara tanpa menekan audionya

Jika kalian sebelumnya pernah mengirim pesan audio dengan cara menekannya ketika berbicara. Maka ketika kalian lupa tidak menekannya kembali. Maka hasil pesannya pun harus diulangi. Namun kini ada fitur baru yang bisa kalian gunakan ketika ingin mengirimkan pesan audio yaitu dengan menekan tombol audio.

Pada opsi ini kalian akan menemukan 2 opsi yaitu jika geser ke kiri maka akan membuang audio dan jika di geser keatas maka akan dikunci dengan begitu hal ini akan terus merekam sampai menekan tombol kirim. Jadi kalian tak perlu menekan berlama-lama untuk membuat pesan audio hanya dengan menggeser ke atas. Dan kemudian jika sudah selesai tekan tombol kirim.

2. Menambahkan gambar dari gallery sebagai wallpaper

cara menambahkan gambar dari wallpaper dari gallery

Jika kalian amati latar belakang whatsapp tampil dengan desain yang standar, sederhana dan membosankan memang kalau menurut Saya pribadi. Nah, jika kalian merasa bosan maka sebenarnya kalian dapat mengubah wallpaper aplikasi whatsapp menjadi sesuai keinginan kalian.

Kalian bisa mengambil gambar menarik dari gallery perangkat kalian. Dan untuk caranya yaitu buka obrolan kemudian klik pada 3 titik di sudut kanan atas. Kemudian kalian pilih wallpaper kemudian pilih gallery kemudian silahkan pilih jenis gambar yang kalian inginkan.

Dan jika sudah maka gambar yang baru kalian jadikan wallpaper akan muncul pada percakapan. Dan hal ini akan selalu muncul ketika kalian membuka obrolan di aplikasi whatsapp.

3. Menjadikan Tombol keyboard jadi shortcuts


Jika kalian saat ini menggunakan whastapp web dimana kalian menggunakannya pada desktop. Maka kini kalian dapat menggunakan pintasan yang ada pada keyboard menjadi lebih efisien. Whatsapp web merupakan perangkat untuk mengakses applikasi whatsapp dari sebuah perangkat desktop atau komputer.

Dan dibawah ini ada beberapa tombol pintasan pada keyboard yang mungkin bisa kalian gunakan agar menjadi lebih efisien.

CTRL+N -Mulai obrolan baru
ALT +F4 -Tutup
CTRL+A -Pilih semua
CTRL+SHIFT+N -Memulai grup baru
CTRL+Z-Undo
CTRL+SHIFT+Z-  Ulangi
CTRL+P -Buka status profil
CTRL+V -Tempel
CTRL+C -Copy atau salin
CTRL+X- Cut
CTRL+F -Search atau cari
CTRL+E-Arsip obrolan
CTRL+SHIFT+U -Tandai belum dibaca
CTRL+BACKSPACE- Hapus obrolan

4. Membuat emoji tanpa harus harus menggunakan mouse (whatsapp web)


cara menambahkan emoji tanpa harus klik mouse

Jika kalian saat menuliskan pesan teks kemudian ingin kalian masukkan sebuah emoji maka jika kalian mencari sebuah emoji tersebut akan memakan waktu yang lama. Dan bahkan hal ini terkadang akan membuat kalian menjadi sedikit frustasi apabila daa sebuah emoji yang kalian cari tidak ada disana.

Dan disini melalui whatsapp web di dekstop cara tercepat menemukan sebuah emoji yaitu dengan mengetikkan sebuah nama misalnya car. Dan dengan cepat ketika kalian selesai menulis emoji tersebut akan segera muncul.

5. Menghentikan unduh otomatis di data seluler

Menghentikan unduh otomatis di data seluler

Jika ada teman-teman chat kalian atau grup kalian memborbardir dengan media maka jelas ketika kalian menggunakan sebuah data seluler maka kuota internet kalian akan cepat habis. Karena secara otomatis whatsapp akan mengunduh semua file atau media yang kalian terima di aplikasi whatsapp kalian.

Dan disini sebenarnya kalian dapat mengatur sesuai kebutuhan kalian. Jadi whatsapp akan mendownload media jika kalian menggunakan wifi saja. Sehingga jika ada media masuk kalian dapat memutuskan apakah file ini mau di unduh atau tidak.

Silahkan buka pengaturan penggunaan dan penyimpanan buat perubahan pada bagian pengunduhan otomatis media. Cukup ceklis pada jenis media yang tidak kalian inginkan.


6. Temukan kontak atau grup yang menggunakan terlalu banyak penyimpanan


Penyimpanan merupakan sesuatu yang sangat diperlukan. Ponsel kalian tidak akan berjalan dengan lancar jika media penyimpanan kalian sudah cukup penuh. Dengan demikian hal ini bisa menghambat kinerja ponsel seperti ponsel menjadi lag atau lemot.

Kalian bisa melihat kontak mana yang menggunakan paling banyak penyimpanan. Silahkan buka pengaturan - penggunaan penyimpanan - dan kontak pada daftar adalah yang paling banyak menyimpanan.

Dengan mengetuk kontak kalian dapat melihat berupa banyak gambar, foto, video, pesan audio, dan dokumen yang pernah kalian terima. Nah, jika kalian ingin menghapus semua media dari kontak tersebut, maka dengan cara pilih kelola pesan atau manage pada bagian kanan bawah. Dan silahkan pilih media yang ingin kalian hapus.


7. Hapus pesan untuk diri sendiri atau untuk semua orang

Hapus pesan untuk diri sendiri atau untuk semua orang

Nah, fitur ini bisa dibilang fitur yang belum lama atau masih baru. Pasalnya kalian kini dapat menghapus pesan setelah kalian mengirimkan pesan tersebut. Jika misalnya kalian mengirim pesan pada orang yang salah kalian tinggal menahan pesan tersebut cukup lama kemudian pilih hapus untuk semua orang.

Dengan begitu pesan yang sudah kalian kirim tadi akan ditarik kembali. Dan untuk menghapusnya perlu di ingat juga kalian hanya perlu waktu satu jam setelah mengirimnya. Selebihnya pesan tidak bisa dihapus kembali.


Oke mungkin itu saja postingan artikel pada kali ini tentang 7 fitur pada whatsapp yang masih jarang orang gunakan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian dan jangan lupa share artikel ini ke teman kalian yang lain agar tentunya mereka juga dapat mengetahuinya.

Previous Post
Next Post

0 komentar: